Saturday, July 13, 2013

Kizhi Pogost, Gereja Kayu Tertinggi di Dunia

Kizhi Pogost, Gereja Kayu Tertinggi di Dunia  
Bangunan gereja dari abad ke-17, Kizhi Pogost, seluruhnya terbuat dari kayu. Berusia lebih dari 150 tahun, gereja yang merupakan warisan dunia di Rusia tersebut menjadi bangunan tertinggi di dunia yang terbuat dari kayu.
Seperti yang dilansir Daily Mail, Kizhi Pogost telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia pada tahun 1990. Kayu menjadi bahan utama bagunan indah ini, mulai dari atap, dinding, bahkan mur dan bautnya. Gereja ini memiliki  22 kubah mirip kubah masjid, yang diberi nama cupolas. Struktur kubah internal ini menampilkan 102 ikon agama dari abad 17 dan 18. Kubah tertingginya mencapai 121 kaki atau setara 36,88 meter. Bangunan tersebut tidak disambung dengan paku, tetapi dengan sistem interlocking wooden joinery.
Berdiri di lahan seluas  123 meter, bangunan Gereja Ortodoks ini berada di 150 kilometer sebelah timur dari perbatasan Rusia dengan Finlandia. Gereja Kizhi Pogost yang memiliki desain unik telah selesai dibangun pada tahun 1862.
Penggunaan desain yang unik dan indah ini ditujukan untuk menarik perhatian para jemaah untuk beribadah. Namun, bangunan kayu ini telah mengalami beberapa renovasi, tapi masih tetap menggunakan bahan-bahan dari kayu-kayu berkualitas. Interior di dalam Gereja Kizhi Pogost ini pun belum banyak berubah.
Menara loncengnya diciptakan oleh tukang kayu visioner, Sysoj Osipov. Hingga sekarang gereja ini masih rutin digunakan untuk beribadah. Gereja ini terletak di danau Onega tepatnya di sebuah pulau kecil bernama Kizhi. Gereja tersebut juga merupakan kiblat bagi para peziarah dari Gereja Kristen Ortodoks Timur.

0 comment:

Post a Comment

Komentar dengan kata yang sopan dan bermutu :D